V-Ga
     
  CSS3 Fade slider | Script Tutorials
  • Coca Cola
  • Grand-Galaxy-Park
  • Residence at Hangjebat
  • The Stone Marriot Legian
 
  •  
CSS MenuMaker
Untitled Document

 

Dari Smartphone

 

Tap icon telp. kami

 

Tap icon SMS kami

 

Apa Itu Taman Vertikal

Taman yang biasanya kita saksikan selama ini adalah taman yang arahnya horizontal, tapi bagaimana jika taman tersebut dibuat arah tegak/vertikal. Unik bukan ? Apalagi jika taman tersebut ditumbuhi bukan hanya dari satu jenis vegetasi, tapi bermacam-macam vegetasi tumbuhan, sungguh ini akan menjadi sesuatu yang indah dipandang..

Taman vertikal memiliki berbagai istilah di dunia internasional, seperti: vertical garden, greenwall, vertical landscape, livingwall dan sebagainya. Taman vertikal sering juga disebut sky farm (ladang langit).

Taman vertikal dapat merupakan bagian dari sebuah bangunan yang memiliki / dipasang beberapa jenis vegetasi dibagian-bagian dari gedung. Jenis taman/kebun seperti ini merupakan tipe taman yang sangat cocok di areal perkotaan dimana lahan juga terbatas sehingga pemanfaatan lahan vertikal pun dilakukan. Taman-taman vertikal ini sangat menarik dilihat dan juga berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam bangunan. Biasanya bagian depan dinding (facade) yang sering digunakan sebagai taman vertikal, tapi dapat juga untuk bagian dalam dinding (dinding interior).

Terdapat 2 jenis taman vertikal yaitu green façades dan greenwallsGreen Facades merupakan dinding yang ditumbuhi dengan tanaman yang merambat yang langsung tumbuh di dinding. Greenwall merupakan dinding yang diberi media tanam untuk tanaman. Jenis ini biasanya terdiri dari rangkapanel tanaman, sistim irigasi/penyiraman, media tanam dan tanaman itu sendiri.

Awal Mula Popularitas Taman Vertikal

Sebelum taman vertikal populer diseluruh dunia, sebenarnya tren berkebun di media yang tidak lazim ini telah ada sejak dahulu kala. Sebut saja salah satu taman terkenal di zamannya seperti Taman Gantung Babilonia (Hanging Gardens of Babylon). Namun, gaya berkebun yang sering kita lihat selama ini memang masih secara konvensional, dengan memanfaatkan lahan horizontal. Salah seorang desainer dan arsitek yang cukup terkenal sekaligus pengembang dari taman vertikal adalah Patrick Blanc dari Perancis. Sebagai seorang ahli botani yang bekerja pada French National Centre for Scientific Research dengan spesialisasi subtropical forests. Patrick Blanc lahir di Paris 3 Juni 1953 dan telah menerbitkan beberapa buku yang membahas masalah taman vertikal. Selain itu, ia juga memiliki sebuah website yang beralamat di http://www.verticalgardenpatrickblanc.com . Seiring dengan semakin terkenalnya taman vertikal ini, maka istilah Greenwall dan Vertical Garden pun menjadi tak asing lagi di telinga penduduk dunia. Namun, yang tetap menarik adalah taman vertikal selalu memberikan nuansa yang beda dengan desain menarik dan jenis vegetasi yang beragam.


Taman Vertikal Bukan Hanya Sebagai Hiasan Dinding

 

Satu hal yang mungkin harus diperhatikan disini bahwa taman vertikal bukan hanya dijadikan sebagai sebuah hiasan dinding atau sebagai icon sebuah bangunan tertentu. Tapi, ide pembuatan taman vertikal berangkat dari semakin minimnya lahan yang ada di daerah perkotaan, terlebih lagi kota-kota metropolitan yang sangat minim lahan hijau. Barangkali kita dapat melihat sekilas tentang kondisi daerah perkotaan dibeberapa belahan dunia, seperti yang dapat dilihat di bawah ini :


tokyo
  Paris

 

     
Bayangkan saja jika tidak ada usaha untuk melakukan penghijauan di daerah perkotaan, maka otomatis kualitas hidup kita akan semakin terancam. Hal ini memang sudah disadari oleh semua orang, bahwa lahan di daerah perkotaan semakin berkurang dengan semakin banyaknya bangunan yang didirikan. Tapi, usaha untuk menanggulangi minimnya lahan tersebut yang mungkin masih belum maksimal. Terlebih lagi jika pengaturan lalulintas di daerah perkotaan yang kurang baik, maka akibatnya akan semakin berlipat. Polusi udara di tambah minimnya lahan hijau terbuka membuat penduduk di daerah perkotaan semakin sulit mendapatkan kualitas udara yang baik.

Mungkin kita bisa melihat sedikit sebagai ilustrasi salah satu sudut kota yang dipenuhi kendaraan pada jam sibuk,


  Jika sudah begini, akan sulit sekali melakukan penghijauan di daerah perkotaan, sebab lahan semakin sedikit, kebutuhan penduduk akan sarana dan prasarana transportasi, bangunan baik untuk tempat tinggal maupun komersil semakin meningkat.
     

Solusi Sistem Penghijauan Untuk Lahan Terbatas

Taman vertikal sebenarnya tidak dapat menggantikan peran pohon atau bahkan hutan sebagai penyaring udara yang baik selama ini. Tetapi taman vertikal dapat memberikan kontribusi dalam menyaring udara disekitar bangunan tempat ia berada. Dan jika semakin banyak bangunan yang menerapkan dinding bagian luarnya sebagai taman, maka semakin baik pula udara di sekitar bangunan tersebut atau bahkan di dalam sebuah kawasan yang lebih besar. Leuschner(1984) mengatakan bahwa pengelolaan lahan dan hutan merupakan hasil integral dari seluruh komponen lingkungan baik fisik, kimia, biologi, sosial, dan ekonomi yang mempengaruhi keputusan perencanaan pengunaan lahan dengan mempertimbangkan kerusakan lingkungan dan konservasi lahan.

Dengan kata lain, sebenarnya pengelolaan lahan yang baik bisa diciptakan dengan memanfaatkan ketersediaan lahan yang ada sebaik mungkin agar tercipta kualitas lingkungan yang baik atau meminimalkan resiko lingkungan yang mungkin terjadi. Taman vertikal memang memiliki sebuah daya tarik sendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Taman vertikal biasanya juga memiliki berbagai jenis vegetasi, sehingga terlihat lebih indah. Lebih daripada itu, taman vertikal memiliki fungsi bukan hanya dari segi estetikanya.

Adapun fungsi dari taman vertikal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Sebagai penyejuk ruangan

Penyerapan radiasi sinar matahari oleh jalan dan bangunan membuat suhu di dalam bangunan menjadi meningkat. Dengan adanya taman vertikal ini, ruangan akan menjadi semakin sejuk.

2. Sebagi filter udara yang akan masuk ke dalam bangunan

Dengan adanya tanaman di dinding luar bangunan, maka udara yang akan masuk akan di saring terlebih dahulu.

3. Sebagai tempat tumbuh berkembangnya berbagai jenis tanaman

Yang jelas dengan adanya taman vertikal ini, maka langsung kita telah menyediakan lahan untuk berkembang biaknya berbagai jenis tenaman. Tanaman pada taman vertikal ini sebenarnya tidak terlalu membutuhkan keberadaan tanah, sebab yang paling utama adalah ketersedian air, mineral, cahaya matahari dan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis. Perawatannya juga tidak terlalu sulit dibandingkan dengan taman konvensional.
Untitled Document
Tekan Alt dan klik link
 
 
Q&A.pdf
Brosur VGA.pdf
Referensi proyek.pdf

 

Untitled Document
Residensial
Commercial
Industrial
Public
Office

 

Video
  • Taman Vertikal Vga di Grand Galaxy Park Bekasi
  •      
         
         
         
      Demo 8 - Image Slider with Thumbnail Preview

     

     
         
         
         
         
      Untitled Document
    Tentang Kami Referensi QA Gallery Contact
     
      Untitled Document
     

     

    This website and all the contents, products, materials, services or information contained on or available through this Website (the "Content") are only for your personal and non-commercial use, provided that you retain all copyright and other proprietary notices contained in the original materials on any copies of the Content. You may not in any way modify, reproduce, distribute, transmit, display, perform, publish, license, create derivative works from, transfer, or sell information, software, products or services obtained from the Content. Any use of the Content on any other website or networked computer environment for any purpose is prohibited. You agree not to interrupt or attempt to interrupt the operation of this Website in any way. The content at this Website is protected by copyright under the relevant copyright laws and international conventions. If you breach any of the Terms, your authorization to use this Website automatically terminates and you must immediately destroy any downloaded or printed materials. Re Multimedia reserves the right to make changes or updates with respect to or in the Content or the format thereof at any time without notice to you. Re Multimedia reserves the right to terminate or restrict the access to or use of the Website for any reason whatsoever at its sole discretion.

       

    (c) Taman Vertikal, 2016